Melalui Forum Perangkat Daerah Dinas Lingkungan Hidup Dan Perikanan Kabupaten Purworejo, Kecamatan Butuh Usulkan Pembinaan Bank Sampah

By ADMIN 27 Feb 2023, 10:08:06 WIB Pemerintahan
Melalui Forum Perangkat Daerah Dinas Lingkungan Hidup Dan Perikanan Kabupaten Purworejo, Kecamatan Butuh Usulkan Pembinaan Bank Sampah

Keterangan Gambar : Pelaksanaan Kegiatan


Purworejo – 15 Februari 2023. Bertempat di Heroes Park Kelurahan Kedungsari Kecamatan Purworejo, Dinas Lingkungan Hidup Dan Perikanan Kabupaten Purworejo menyelenggarakan Forum Perangat Daerah.

Pelaksanaan Forum Perangkat Daerah Dinas Lingkungan Hidup Dan Perikanan Kabupaten Purworejo merupakan bagian dari tahapan penyusunan perencanaan pembangunan daerah untuk menentukan prioritas program dan kegiatan pembangunan yang dituangkan dalam Rencana Kerja (Renja) Perangkat Daerah dan bermuara pada Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) dan Rancangan Anggaran Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2024.

Pemerintah Kecamatan Butuh yang diwakili oleh Kepala Seksi Pembangunan, Toni Hartadi, S.E., M.Ak menyampaikan usulan pembinaan bank sampah yang terdapat di wilayah Kecamatan Butuh, baik pengelolaan bank sampah maupun tehnik-tehnik pengomposan dan recycling.

Sebagaimana diketahui, berdasarkan data yang tercatat bahwa terdapat 8 (delapan) bank sampah di wilayah Kecamatan Butuh. Diataranya bank sampah di Desa Wareng, Langenrejo, Lugu, Wonodadi, Sruwohduuh, Wonorejokulon, Lubangkidul, serta Kaliwatubumi.

Sementara itu, Kepala Dinas Dinas Lingkungan Hidup Dan Perikanan Kabupaten Purworejo Wiyoto Harjono, ST menanggapi dalam forum diskusi bahwa, sebagaimana data yang dimiliki sejumlah 235 bank sampah yang ada belum dapat seluruhnya dilakukan pembinaan. Baru dilaksanakan pembinaan sebagian bank sampah yang sudah menerapkan 3R (Reduce, Reuse, Recycle). Kemudian disampaikan pula, bahwa pada bulan Maret 2023 Dinas Lingkungan Hidup Dan Perikanan Kabupaten Purworejo akan menyelenggarakan jambore bank sampah se-Kabupaten Purworejo, dan direncanakan akan menambahkan materi sebagai bentuk pembinaan bank sampah kepada peserta jambore.

Pemerintah Kecamatan Butuh berharap dengan pengelolaan bank sampah yang baik dapat memudahkan masyarakat dalam membuang sampah, serta mampu mengurangi biaya dan sumber daya untuk mengatasi masalah sampah yang dibuang sembarangan.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment